Aktris tertua Jepang meninggal dunia

Aktris Teruko Nagaoka meninggal dunia secara normal (karena faktor usia) di rumahnya (Tokyo) pada 18 Oktober, saat itu ia berusia 102 tahun. Terlahir dengan nama Teruko Shinohara di tahun 1908, Nagaoka kemudian belajar teater di Paris sebelum masa Perang Dunia II dan setelah kembali ke Jepang, ia mendirikan grup teatrikal untuk menyebarkan aliran komedi Prancis. Tahun 1939, ia kemudian bergabung dengan grup terkenal Bungakuza, dimana ia menjadi salah satu sutradara teater ternama Jepang.
Sebagai aktris, Nagaoka tampil di banyak film seperti Tokyo Story arahan Yasujiro Ozu (1953). Namun penampilan paling berkesan adalah dorama pagi NHK yang berjudul Oshin (1983-1984), dimana ia berperan sebagai salah satu karakter protagonis. Oshin kemudian menjadi sangat terkenal, dengan rating luar biasa saat itu (52,6% – 62,9%).
Ia terus berakting hingga mendekati akhir hayatnya, Nagaoka sempat tampil di panggung pada Desember 2007, dan merekam suaranya untuk penampilan lain di bulan Desember 2008. Pada tahun 2003, Nagaoka mendapatkan penghargaan Kan Kikuchi.
Sumber : Sankei Sports

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: