Seni melukis sawah di Jepang


Mungkin ini satu-satunya seni lukis di dunia memakai padi. Seni lukis sawah dari desa Inakadate di prefektur Aomori, di sebelah Utara Jepang. Tiap tahun sekitar 8000-an penduduk dan petani di desa ini bekerjasama untuk menghasilkan sebuah ‘lukisan’ memakai padi berwarna hijau, ungu dan kuning. Jenis padi yang digunakan antara lain tsugaru-roman (untuk warna hijau), kodaimai (untuk warna kuning dan merah). Tren ini dimulai sejak tahun 1993, saat seorang petani mulai ‘melukis’ sawahnya dan mendapat publisitas hingga akhirnya menjadi nilai jual bagi desa tersebut. Dengan perkiraan waktu dan pola yang tepat dapat memberikan kesan hidup pada ‘lukisan’ tersebut. Seiring tumbuhnya padi, warnanya pun ikut mengalami perubahan, sehingga menjadikan bulan Juli sebagai waktu yang tepat untuk melihat ‘lukisan’ ini.
Setiap tahun sekitar 150 ribu orang mengunjungi desa ini, memanjat menara setinggi 22 meter untuk melihat lukisan padi tersebut. Tiap tahun, penduduk setempat memilih tema dari yang sederhana hingga rumit. Mereka ‘melukis’ berbagai macam mulai dari prajurit perang, dorama, iklan dan tokoh fiksi lain. Seperti Napoleon di tahun 2009 dan Minamoto no Yoshitsune di tahun 2010.
Mulai 2008, penduduk mulai memakai komputer untuk menentukan pola gambar di sawah, menghemat waktu dan lebih menampilkan detil gambar. Ide ini kemudian menjadi populer untuk dikembangkan oleh desa lain di Jepang, seperti petani dari Yonezawa, prefektur Yamagata dan Nishio di prefektur Aichi, tentu saja dengan bantuan para petani Inakadate untuk memberikan seminar metode penanaman dan desainnya.

Sementara, lukisan ini hanya akan terlihat hingga September, saat padi mulai dipanen. Dan bersiap untuk memikirkan ‘lukisan’ tahun depan.

Sumber : Daily Art Fixx, Askanet, MMO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: