Buku panduan dari Arashi untuk Jepang


Setelah terpilih oleh JAL untuk ikut ‘terbang’ dengan jet. Arashi akan ada di setiap meja anak muda lewat buku panduan. Buku itu berjudul Nippon no Arashi, diterbitkan oleh pemerintah untuk SD, SMP dan SMU di Jepang. Menurut surat yang dikirimkan bersama buku tersebut, dijelaskan tujuan buku itu adalah untuk mengajarkan kepada anak-anak di Jepang akan keindahan dan budaya negeri juga himbauan/ajakan untuk melakukan travel dalam negeri. Buku ini tidak dijual, Arashi pun melakukan kegiatan ini secara sukarela.
Di dalam buku, Arashi akan menjadi navigator (pemandu), memperkenalkan banyak bagian berbeda dari Jepang. Sebagai contoh, Sho mengunjungi sebuah kota kecil di Prefektur Aichi dan membantu pertanian di sana. Buku itu juga memperlihatkan banyak foto dari member Arashi turun tangan dan menghabiskan waktu dengan masyarakat setempat. Tidak ada wawancara dalam buku tersebut, hanya detail kegiatan yang dilakukan Arashi ditulis oleh seorang profesional.
Buku ini diterbitkan awal September, tiap sekolah mendapatkan 2 eksemplar Nippon no Arashi untuk perpustakaan. Buku ini bukanlah buku untuk fans, tapi buku pendidikan yang bertujuan memberikan pemahaman sejak dini akan Jepang. Diharapkan buku ini menjadi panduan untuk anak-anak hingga beberapa tahun ke depan.
Adanya buku ini merupakan bukti betapa populernya Arashi di Jepang, hingga pemerintah menggunakan jasa mereka untuk proyek ini.

Berikut petikan pengakuan para member Arashi saat konfrensi pers.

“Saya Sho SAKURAI, sangat bangga bisa ditunjuk sebagai Perwakilan Promosi Turisme Jepang (Japanese Tourism Promotion Representative). Saya akan berbuat apa saja untuk mengajak anda mengunjungi Jepang, memperkenalkan banyak keindahan di negara kami. Saya akan menunggu kunjungan anda. Datang dan nikmati petualangan tak terbatas di Jepang.”

“Saya Aiba Masaki, dan saya ditunjuk sebagai duta wisata. Saya akan berusaha yang terbaik untuk menunjukkan pesona Jepang. Semuanya pegang erat!! Sampai jumpa di Jepang!”

“Saya Matsumoto Jun, saya seorang duta wisata. Arashi pernah melakukan konser di Korea dan saya sangat suka negara itu. Kali ini saya ingin semuanya melihat keindahan Jepang. Semuanya!! Jepang menunggu kalian!”

“Saya tidak dapat datang untuk pertemuan hari ini. Saya minta maaf. Saya sangat senang Arashi ditunjuk sebagai duta wisata. Banyak hal yang perlu dijelajahi saat berwisata dan saya pikir ada momen penting dalam hidup seseorang untuk berkaca dan membuat perubahan. Salah satu hobi saya adalah memancing, dan saya banyak melakukan travel untuk mencari tempat memancing. Saya sangat terpesona akan keindahan pulau-pulaunya dan kehangatan setiap orang yang saya temui. Saya harap orang di luar negeri dapat mengetahui buku ini, dan melalui kami, bisa membantu mereka melihat keindahan Jepang.” Ohno Satoshi.

“Saya Ninomiya, seorang duta wisata. Saya minta maaf karena tidak dapat hadir di pertemuan. Ini adalah kesempatan bagi saya untuk memperkenalkan tempat-tempat indah di Jepang, secara domestik dan internasional. Walaupun saya lahir di Jepang, tapi selalu menemukan sesuatu yang baru setiap hari. Tidakkah kalian juga ingin menemukan sesuatu yang baru dengan seseorang di Jepang?”

Sumber : aijpop, Gakuji, Japan Tourism Agency

Leave a Reply

