Satoshi Kon meninggal dunia

Berita mengejutkan dari dunia hiburan Jepang, tanggal 24 Agustus, Satoshi Kon meninggal dunia di usia 46 tahun karena kanker pankreas.
Anime News Network melaporkan bahwa berdasarkan pesan terakhir yang diposting di situs resminya, Kon memberitahukan pada bulan Mei yang lalu kanker yang dideritanya hanya menyisakan waktu sekitar 6 bulan saja.
Satoshi Kon adalah sutradara anime, penulis naskah dan mangaka yang cukup disegani di Jepang. Lahir di Hokkaido 12 Oktober 1963 Kon memulai karirnya sebagai mangaka pada usia 23, dan mulai masuk ke industri anime sebagai desainer set untuk film Roujin Z. Lalu karirnya menanjak menjadi art director untuk Magnetic Rose.

Di tahun 1997, Kon memulai debut sutradaranya lewat anime thriller Perfect Blue. Karyanya yang terkenal antara lain, Millennium Actress, Tokyo Godfathers (sempat mendapat nominasi di Piala Oscar 2003), Paranoia Agent dan Paprika (paling banyak mendapat pujian dan menjadi bahan inspirasi Christopher Nolan dalam membuat Inception). Sebelum meninggal Kon sedang mengerjakan film berjudul Yume-Miru Kikai (The Dreaming Machine). Satoshi sempat mengaku khawatir atas kelanjutan film ini, apakah bisa ditangani oleh sutradara lain?.

Sumber : Anime News Network, Blog Satoshi Kon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: